Waaaw….Perlindungan Ikan Terbuas Di Lautan…

Agustus 12, 2009 at 1:09 pm 2 komentar

pemasangan-satelit-tag-ikan-mola-mola_small

Apakah terperangkap jala nelayan, atau sengaja ditangkap untuk sup sirip hiu, yang jelas, makin banyak ikan hiu dimangsa pemburu. Eropa ingin menjadi pelopor perlindungan ikan hiu dari praktek-praktek biadab, seperti pemotongan sirip hidup-hidup. Tapi untuk itu Eropa harus terlebih dahulu mengaku turut bersalah.

Yang pasti, ikan hiu bukan mesin pembunuh seperti bisa dilihat dalam film Jaws, ujar Michaël Laterveer, kurator Dunia Laut Blijdorp, Rotterdam.

Seperti Anjing
Michaël Laterveer melatih ikan hiu mendorong cakram dengan hidungnya, sehingga menghasilkan bunyi tertentu. Kalau berhasil, hiu itu diberi makan ikan haring.

Tujuannya untuk melihat apakah ikan hiu cukup cerdas untuk misalnya menghindari jala nelayan. Mereka sering terperangkap jala, secara kebetulan.

Michaël Laterveer: “Saya tidak mau melatih ikan hiu bisa berbuat segala macam. Saya hanya ingin memperlihatkan bahwa kecerdasan ikan hiu bisa dibandingkan dengan kecerdasan anjing. Telah kami buktikan ikan hiu mampu membedakan dua cakram yang berbeda. Kemudian kami lihat bagaimana bisa mencegah supaya ikan hiu tidak terperangkap jala nelayan. Kalau memasang gelombang elektromagnet pada jala, yang bisa dicerap ikan hiu, maka dia bisa mengambil kesimpulan: ada sesuatu yang tak beres di sini, sesuatu yang tidak normal.”

Memotong Sirip
Tapi cerdas atau tidak, ancaman terbesar ikan hiu tetap saja ‘pemotongan sirip’: setelah memotong sirip hidup-hidup, ikan hiu dilempar kembali ke laut.

Di pasar Asia, sirip ikan hiu bisa menghasilkan ratusan dolar. Sup sirip hiu meningkatkan gengsi seseorang dan dikenal sebagai obat mujarab mengatasi kepala botak sampai kemandulan. Sementara itu bangkai ikan hiu bertumpuk-tumpuk. Terutama restoran Italia, Jerman dan Britania-Raya, seringkali menyajikan masakan daging ikan hiu. Di kedai ikan goreng Fish & Chips misalnya.

Eropa sudah bertahun-tahun melarang pemotongan sirip ikan hiu. Tapi menurut Irene Kingma, juru bicara Shark Alliance cabang Belanda, sejauh ini, larangan tersebut tidaklah memadai.

Irene Kingma: “Undang undang ikan hiu Eropa, sebenarnya yang paling lemah di dunia. Eropa kurang memperhatikan rekomendasi ilmiah. Ditambah lagi masalah pemotongan sirip ikan hiu. Itu resmi dilarang. Tapi, ada peraturan yang memperbolehkan nelayan memotong sirip ikan hiu di kapal, serta mengimpor bangkai serta sirip itu lewat pelbagai pelabuhan. Itu tidak diperiksa, jadi undang undang itu sebenarnya juga tidak ada gunanya.”

Rencana Aksi
Akhirnya diluncurkan rencana aksi baru oleh komisaris Eropa Joe Borg, walaupun Komisi Eropa butuh waktu 10 tahun untuk menyusun peraturan baru.

Menurut rencana ini, pendapat para ilmuwan harus lebih diperhatikan. Lubang jala nelayan juga harus diperkecil, sehingga mereka tidak bisa lagi sembarangan menangkap ikan hiu hanya untuk siripnya. Itu kalau Brussel mendapatkan apa yang diinginkannya. “Ini baru rencana, bukan undang undang”, aku Irene Kingma. Kendati demikian, ia puas. Peran Eropa tidak harus diremehkan, tegasnya.

Michaël Laterveer yang bekerja pada Dunia Laut Blijdorp di Rotterdam sependapat. Kalau mendengar cerita-cerita seram tentang ikan hiu yang makan manusia, orang cenderung melihat ke Amerika atau Australia. Tapi juga perairan Eropa penuh ikan hiu, sesuatu yang ingin dipertahankan Brussel.

Entry filed under: artikel. Tags: , , , , .

Suka Duka Selama Kuliah Di Bogor EduCARE

2 Komentar Add your own

  • 1. bunk jack  |  Agustus 15, 2009 pukul 8:35 pm

    Setuju banget kalo ikan hiu dilindungi, karena kalau mereka punah bisa rusak rantai makanan d laut.
    Lam knal yah…
    Salam KBM

    Balas
  • 2. Enda dong  |  November 11, 2009 pukul 2:23 pm

    Ikan hiu dpt dilindungi

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Marhaban Yaa Ramadhan

bener-1

Kalender Masehi

Agustus 2009
S S R K J S M
« Jul    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Photo qWuh..

Arsip

Pengunjung

  • 15,537 Pengunjung

Komentar Terbaru

abdul hakim Abidin di Biografi Bang Iwan Fals
dheva di Komunitas Jepang di Bogor
zoan di Biografi Bang Iwan Fals
leni di Biografi Bang Iwan Fals
muhamad irfan di Biografi Bang Iwan Fals

RSS Bogor EduCARE

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: